Pages

Haul Abah Guru Sekumpul, Wafatnya dan Pengajian Ihya Ulumuddin, Dan Babah Yang Selalu Menemani

Thursday, March 15, 2018
Bersama Habib Segaf Bin Hasan Baharun Bangil, اللهم اجعلنا منهم يا راب مين 
 Tak terasa sebentar lagi, 25 Maret 2018 adalah haul belaiu, Haul Guru Ijai, KH. Zaini Bin Abdul Ghani Sekumpul Martapura. 


Saya tau pengajian beliau sejak dulu, dulu sewaktu masih kecil mama sering ikut acara kajian guru setiap hari sabtu. Di bawa dengan bis, yang naiknya dari gunung sambung. 


Ada kenangan dan kesukaan tersendiri ketika mama ikut acara guru tersebut, yakni selalu di bawain makanan dari singkong yang di balut dengan gula. Hmm ya dulu banget itu, sewaktu saya masih kecil, bahkan saya ingat hanya sedikit-sedikit. 


Sedang kalau rutinan beliau setiap hari Ahad sore saya sama babah sering ikut, biasa berangkat setelah ngajar jam pertama dari rumah. 


Perjalan pakek sepeda motor L2 yang pertama babah punya, atau kalau tidak biasanya minjam sepeda motor teh pauzen, atau kadang ikut rombongan dari madurejo kalau tidak ikut bis. 


Ya. biasa kalau bawa sepeda motor sendiri langsung kerumah bibi mu di martapura atau langsung kerumah jamila, sampek disana sudah di mulai. 

Hmmmm ya, dulu banget, tapi masih terlihat jelas di depan mata, nginep di kosan bibi yang dulu, nginep di kosan yang baru, nginep di rumah jamila, numpang makan dirumah jamila, makan bakso orang madura yang biasa aku cuman minta telor doang tanpa kuah dan tanpa bakso, beli jajanan seribuan yang ada undian mainannya. 


Hmmm semua terlihat banget, kadang juga beli es yang di dalamnya ada pepayanya di campur susu. Ya semua itu terlihat jelas banget. 


Dulu sewaktu aku kecing ada rasa pengen ketemu guru, pengen duduk bareng, pengen sowan, tapi waktu itu aku masih kecil, dan orang-orang hebat yang dari gunungpun tidak ada yang langsung sowan kepada beliau. 


Hmmmm Ya itulah sekelumit kisah. Hmmm owh ya biasanya aku balik dari sana senin pagi, dan biasanya juga sama ale' atau holil, kadang juga sup. 


Ya itulah sekelumit perjalanan kalau ke martapura. 

Tapi sayang ketika beliau wafat saya sedang di jawa timur sehingga tidak bisa hadir, waktu haul juga gitu, waktu haul 2014 sampek 2016 saya di jawa barat. 


Hmmmm ya, setidanya sepenggal kisah ini menjadi penawar rindu kepad beliau.


Kalau lagi pulang ke kalimantan, pasti saya bersama ibu negara mampir ksana, pernah juga ngatamin disana. 


Semoga di anggap murid beliau juga, dan semoga semua menjadi berkah dan menjadi asbab kebaikan untuk kita semua. 


Dan semua sudah berubah, jamila juga sudah tidak tinggal di sana lagi, bibi juga tidak tinggal di kosan lagi. hmmmm


Ya pada akhirnya semua berubah, baik di paksa berubah, atau berubah dengan sendirinya dengan selksi alam. 


  BACA JUGA:


Inisiatif : KLIK HERE

Pengalihan Isu : KLIK HERE

Lebih Baik Menyalakan Lilin, Daripada Mengutuk Gelap KLIK HERE 

Calon Gubernur Jatim #JATIM1 : KLIK HERE

Mempertanyakan 3 tahun kinerja jokowi : KLIK HERE

                                         
                                                                                            M. Albilaluddin al-Banjari, SH   
                                                                                         CEO BilalGrup, Motivator, Entrepreneur
 Hp, Wa, Sms : 0858-558-321-66, 
 Twitter:  @malbilaluddin1 
IG: Bilal Grup, BBM: D74953C2, 
ID Youtobe :  M. AlbilaluddinID
                                                                                                                Blog: bilalgrup.blogspot.com 

No comments:

Post a Comment