Pages

Kongkalikong

Monday, February 12, 2018
Beberapa edisi Tamassya, laporan tahunan pengurus pondok pesantren sidogiri untuk semua wali santri


Entah itu bahasa darimana dan istilah semacam apa? Yang jelas kongkalikong itu bukan biji yang putih-putih yang biasa di buat sebagai menu buka puasa di bulan ramadhan.

Kongkalikong itu semacam istilah untuk cara, semacam politik untuk menggagalkan atau mensukseskan sesuatu. Untuk membuat sesuatu itu bisa berjalan atau tidak berjalan.


Caranya gimana? Caranya macam-macem tergantung dalam urusan apa dan bagaimana.

Semisal dalam urusan mensukseskan sebuah proyek jalan tol, maka pengurus dan orang-orang sekitar pembebasan jalan tol itu bisa bermain kongkalikong dengan orang dalemnya, entah dengan tujuan agar proyek itu bisa berjalan lancar atau menggagalkannya.

Lalu apakah itu salah? Salah tidaknya tergantung. Kalau memang tujuan kongkalikongnya untuk menggagalkan, sungguh sangat hina dan jahat, terlebih jika memang proyek itu penting dan di butuhkan banyak orang.

Kalau kongkalikongnya untuk mensukseskan proyek itu, maka itu sungguh sangat baik, asal tidak menerjang batas-batas dalam agama.

Kalau dalam dunia Qoidah Fiqih “Boleh orang islam itu bersepakat, selama tidak menghalalkan yang haram, atau mengharamkan yang halal”. Selama tidak semaca ini monggo di lakukan.

So, jangan KONGKALIKONG dalam dunia kejahatan, tapi kongkalikonglah dalam dunia kebaikan. Toh walaupun memang istilah kongkalikong itu sudah lumrah dalam dunia kejahatan dan mavia.

BACA JUGA:

Kursi Kekuasaan Yang Menggiurkan : KLIK HERE

Antara Konsep dan Pelaksanaan : KLIK HERE

Ngobrolin Passion dan Kasih Sayang  : KLIK HERE
                                         
                                                                                             M. Albilaluddin al-Banjari, SH   
                                                                                         CEO BilalGrup, Motivator, Entrepreneur
 Hp, Wa, Sms : 0858-558-321-66, 
 Twitter:  @malbilaluddin1 
IG: Bilal Grup, BBM: D74953C2, 
ID Youtobe :  M. AlbilaluddinID

No comments:

Post a Comment